Materi Gugus Fungsi

Gugus Fungsi
Sifat gugus fungsi yang terdiri atas atom non karbon serta bagian-bagian molekul yang tepat bersebelahan dengannya. Gugus fungsi cenderung menjadi tapak reaktif dalam molekul organik, dan sifat kimianya kurang bergantung pada sifat hidrokarbon yang dilekatinya. Kenyataan ini menyebabkan molekul organik sebagai kerangka hidrokarbon yang terutama mengandalikan ukuran dan bentuk, dengan gugus fungsi yang melekat pada kerangka tersebut adalah yang paling menentukan sifat kimia molekulnya.  Salah satu gugus fungsi yang paling sederhana terdiri atas satu halogen, contohnya adalah alkil halida terbentuk bila campuran alkana dengan halogen kecuali iodin dipanaskan pada cahaya. Mekanisme ini merupakan reaksi rantai, Dimana cahaya ultraviolet mengawali reaksi dengan mendiosiasi sedikit molekul klorin menjadi atom-atom yang sangat reaktif. Spesies ini mengambil bagian dalam reaksi berantai dalam bentuk sebagai berikut:

Berikut adalah gugus fungsi umum

1.   Gugus Fungsi Alkohol
Pada Gugus fungsi alkohol tersebut memiliki gugus fungsi hidroksil (-OH) dengan rumus umum R-OH atau CnH2n+1OH. Senyawa ini mempunyai nama IUPAC alkanol karena dianggap sebagai urutan alkana dengan mensubstitusi satu atom H dengan gugus –OH. Untuk penamaan -na dirubah menjadi -nol. Contoh pada gugus fungsi alkohol sebagai berikut:

2.   Gugus Fungsi Ester
Pada gugus fungsi ester terbentuk melalui penggantian satu (atau lebih) atom hidrogen pada gugus karboksil dengan suatu gugus organik (biasa dilambangkan dengan R').
3.   Gugus Fungsi Eter
Eter adalah senyawa karbon turunan alkana yang memiliki gugus fungsi –OR’ (alkoksi). Eter dikenal dengan alkoksi alkana. Eter (alkoksi alkana) dianggap berasal dari substitusi satu atom H pada alkana dengan gugus fungsi –OR. Rumus umum Eter adalah sebagai berikut:
4.   Gugus Fungsi Aldehida
Aldehid merupakan salah satu kelompok senyawa karbon yang memiliki gugus karbonil. Gugus tersebut terletak di ujung rantai karbon induk yang diakhiri dengan atom hidrogen.

Contoh aldehid sebagai berikut dimana  atom karbon pada gugus karbonil dihubungkan dengan satu atom hidrogen dan satu gugus alkil (R) atau aril (Ar), dengan rumus umum R–COH

5.   Gugus Fungsi Keton
Keton merupakan senyawa organik yang mengandung unsur C, H, dan O dengan rumus R-CO-R’.

Gugus Fungsi Asam Karboksilat
Gugus fungsi pada asam karboksilat adalah gugus karboksil –COOH, dan pada ester gugus karboalkoksi (-COOR’). Gugus –COOH bersifat kompleks karena terdiri dari sauatu gugus hidroksil –OH. R adalah gugus alkil.



Sumber:
Day, R.A. & Underwood, A.L. 1999. Analisis Kimia Kuantitatif Edisi 6. Jakarta: Erlangga.
Oxtoby, D.W. 2001. Kimia Modern. Jakarta: Erlangga



Komentar

  1. Pemaparannya cukup jelas. tetapi saya mau bertanya apakah perbedaan sifat-sifat fisika dari eter dan ester? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Terimakasih materi ny sangat membantu, saya ingin bertanya, apakah gugus fungsi dapat mempengaruhi struktur dari senyawa organik ya ? Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Materinya sangat bermanfaat min, mau nanya bagaimana gugus fungsi memberi sifat pada senyawa atau molekul? Mohon penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
  4. terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas materinya, namun kalo bisa lebih di perluas lagi

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas materinya, namun kalo bisa lebih di perluas lagi

    BalasHapus
  7. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Gaya Van Der Waals

Gugus Pelindung