Materi Efek Induksi

Efek Induksi
Suatu aksi elektrostatik yang diteruskan melalui rantai atom dalam suatu molekul (lewat ikatan σ). Dan efek itu dapat dinyatakan sebagai I + dan I – I + jika subtituen yang terikat mendorong elektron ( melepaskan e - ) I - jika subtituen yang terikat menarik Elektron ( mengambil e - ) Efek induksi dari gugus yang terikat pada rantai R dari asam karboksilat (gugus COOH).

Gambar diatas adalah gugus Penolak Elektron

Gambar diatas adalah Penarik Elektron

Pada gambar diatas Efek induksi bekerja pada ikatan sigma pada ketiga reaksi diatas. Dorongan dari gugus R membuat kerapatan electron pada H semakin tinggi sehingga sulit untuk terionisasi. pengaruh efek induksi terhadap kekuatan tiga jenis asam karboksilat yang di sintesis dari  amida terletak pada kecenderungan mudahnya lepas gugus hidroksil dalam air yang di pengaruhi oleh efek induksi tersebut.
Perbedaan antara transmisi dengan system terkonjugasi ini dengan efek indutif dalam suatu system jenuh adalah bahwa di sini efek kekurangan electron disebabkan oleh transmisi tersebut, dan polaritasnya bergantian antara atom karbon yang berdekatan.Stabilisasi dapat terjadi dengan delokalisasi ion bermuatan positif atau negative dengan orbital πStabilisasi anion penoksida (2), dengan delokalisasi muatannya dengan delokalisasi orbital π pada inti, hal ini menyebabkan fenol bersifat asam (fenol lebih asam dari alcohol tetapi lebih rendah dari asam karboksilat)Efek mesomerik, mirip dengan efek induksi, efeknya terpolarisasi secara ermanen dalam keadaan dasar molekul, dan oleh karena itu dinyatakan dalam sifat fisika senyawanya. 


Gambar diatas adalah contoh asam karboksilat tersubsitusi, Induksi negatif oleh penarik elektron akan menambah sifat asam pada asam karboskilat.
          Bila ada gugus yang terikat pada alkil dari asam karboksilat bersifat mendorong elektron, maka efek induktif akan diteruskan kesemua atom, oksigen dari hidroksida pada asam menjadi relatif lebih negatif, hidrogen sukar lepas keasmaan karboksilat berkurang.
Contoh     :  Bandingkan keasaman dari CH3 COOH pka = 4,80 dan  (CH3)3 C – COOH pka = 5,05

Catatan    : 1. pka adalah = - log ka, jika pka kecil berarti asam kuat dan
sebaliknya
                  2. Keasaman lebih besar berarti kebasaan lebih kecil dan sebaliknya.

Efek Induksi (E elektrostatik) akan berkurang dengan adanya jarak gugus induksi dengan pusat reaksi (COOH). Bandingkan keasaman senyawa :
1. Cl –(CH2)2 –COOH    pka = 4,0  dan
2.Cl –CH2 –COOH       pka =2,86 (resonansi stabil dari ion karboksilat mempengaruhi keasaman dari senyawa. Delokalisasi lebih jauh dari muatan negatif ion karboksilat menstabilkan anion, relative terhadap asamnya. Penambahan kestabilan dari anion menyebabkan bertambahnya keasaman dari suatu asam).


Komentar

  1. Terima kasih atas materinya yang sangat bermanfaat sekali, saya ingin bertanya mengapa efek induksi dipengaruhi oleh adanya jarak gugus induksi dengan pusat reaksi

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas materinya yang sangat bermanfaat sekali, saya ingin bertanya mengapa efek induksi dipengaruhi oleh adanya jarak gugus induksi dengan pusat reaksi

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas materinya, sangat membantu

    BalasHapus
  4. terimakasih materinya
    untuk pengaruh terhadap sifat fisik yang lain bagaimana ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapat saya contohkan sebagai berikut senyawa asam karboksilat akan mempengaruhi sifat keasaman senyawa asam karboksilat dan pada senyawa alkyl halide akan mempengaruhi gugus lepas pada reaksi substitusi dan eliminasi sedangkan senyawa karbonil akan mempengaruhi jalannya reaksi adisi nukleofil

      Hapus
  5. mungkin bisa dtambahkan lagi contoh untuk rantai siklik. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. contohnya pada senyawa aromatik, senyawa karbosiklik yang terdiri atas 6 atom karbon atau lebih yang memiliki ikatan rangkap 2 terkonjugasi

      Hapus
  6. Materinya sangat bermanfaat terimakasih :)

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas materinya sis, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas meterinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Gaya Van Der Waals

Materi Gugus Fungsi

Gugus Pelindung