Materi Polarisabilitas

Polarisabilitas

Polarisabilitas adalah kemudahan suatu molekul untuk membentuk dipol sesaat atau untuk mengimbas suatu molekul. Gaya antar molekul adalah gaya elektromagnetik yang terjadi antara molekul-molekul atau antara bagian yang terpisah jauh dari suatu makro molekul. Gaya tersebut dapat berupa kohesi antara molekul yang sama. Gaya antarmolekul ini memiliki sifat tarik menarik dan juga tolak-menolak antar molekul. Ketika dua molekulnya berdekatan, gaya tolak antara muatan yang sama akan timbul dan semakin tinggi energi tolaknya. Oleh karena itu akan dibutuhkan energi yang lebih tinggi pula untuk memampatkan suatu molekul.
Harga momen dipol beberapa molekul seperti yang tertera pada Tabel dibawah ini:


Momen dipol merupakan suatu besaran vektor yang digambarkan menggunakan moment ikatan atau Momen dipole (μ) merupakan suatu besaran vektor yang digambarkan menggunakan moment ikatan.  Jika jumlah vektor momen-momen ikatan lebih besar dari nol, maka molekul tersebut bersifat polar, sebaliknya jika jumlah vektor momen-momen ikatan sama dengan nol, maka maka molekul tersebut bersifat nonpolar.
Momen ikatan terbentuk jika dua atom yang berikatan dalam suatu senyawa memiliki perbedaan keelektronegatifan. Elektron yang yang ditarik oleh atom yang lebih elektronegatif menunjukan arah momen ikatan dan ditunjukan menggunakan tanda → dari atom yang kurang elektronegatif menuju atom yang lebih elektronegatif.
Kutub positif atau negatif yang terbentuk disebut muatan parsial, yang digambarkan menggunakan simbol delta (δ). Muatan parsial negatif (δ¯) diberikan pada unsur yang lebih elektronegatif dan muatan parsial positif (δ+) diberikan pada unsur yang kurang elektronegatif (lebih elektropositif). Untuk senyawa diatom yang disusun oleh unsur yang sejenis, molekul yang dimiliki selalu bersifat nonpolar kecuali ozon yang bersifa polar. Hal ini disebabkan dua atom penyusun senyawa memiliki keelektronegatifan sama sehingga tidak terbentuk momen ikatan. Sedangkan untuk senyawa diatom yang disusun oleh dua atom yang berbeda molekul yang dimiliki selalu bersifat polar karena adanya perbedaan keeltronegatifan.

Walaupun ikatan C–Cl berupa ikatan kovalen polar tetapi molekulnya bersifat nonpolar. Hal ini disebabkan, bentuk tetrahedral dari molekul CCl4 dapat dikatakan simetrism karena memiliki pusat simetri pada atom C ditengah, sehingga jumlah momen ikatan yang sama dengan nol. 
Berikut ini adalah molekul yang tidak memiliki momen dipol

Dipol sesaat terjadi karena adanya pergerakan elektron dalam orbital suatu atom. pergerakan elektron ini dapat menyebabkan kepadatan elektron dalam atom menjadi tidak merata. sehingga atom memiliki satu sisi dipol yang lebih negatif dibandingkan sisi yang lain yang bersifat tidak permanen. inilah yang disebut dipol sesaat. adanya dipol sesaat ini menyebabkan senyawa yang awalnya bersifat nonpolar berubah menjadi sedikit polar, Dipol terimbas terjadi karena adanya imbas dari dipol sesaat suatu atom terhadap atom atom di sekitarnya. adanya imbasan dari dipol sesaat ini menyebabkan adanya gaya tarik menarik antara dipol sesaat dengan dipol terimbas. inilah yang disebut sebagai gaya london.

Sumber:



Komentar

  1. Terima kasih atas ilmunya, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas materinya, sekedar saran agar lebih dirapikan lagi untuk materi yang diawal karna sedikit sulit untuk dibaca

    BalasHapus
  3. Terimakasih materinya..Bagaimana syarat senyawa yang mengalami polarizabilitas ya? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, jawabannya adalah Rantai senyawanya panjang dan lurus menunjukkan bahwa polarisabilitas nya tinggi

      Hapus
  4. Terima kasih atas materinya, sangat bermanfaat sebagai referensi😃

    BalasHapus
  5. Postingan yang menarik, terima kasih

    BalasHapus
  6. Materi yang bagus, sangat bermanfaat sekali untuk pembelajaran saya

    BalasHapus
  7. Terimakasih materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Bisakah anda memberi contoh gugus pelindung yang digunakan untuk memproteksi asam karboksilat? dan bagaimana proses penghilangannya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Gaya Van Der Waals

Materi Gugus Fungsi

Gugus Pelindung